Friday, May 24, 2013

Malaikat Tertangkap CCTV???

Benarkah malaikat Yang tertangkap di CCTV Masjid Nabawi itu benar???

Soal :
Assalamu'alaykum. Saya baca bahwa di Masjid Nabawi pada Jum'at,tepatnya hari Jum'at, tanggal 7 desember 2012 lalu telah tertangkap kamera CCTV ada sosok putih yang diduga malaikat sedang mendengarkan Khutbah. Meskipun banyak dugaan , saya bertanya:
a. Benarkah di hari Jum'at , Malaikat berada di Pintu masjid mencatat jama'ah yang masuk?
b. Benarkah ada dalil yang membenarkan malaikat mendengar khutbah jum'at?
c. Mungkinkah Malaikat bisa terlihat oleh seorang mukmin?

Syukron atas jawabannya ustadz
Elyardi, kuansiang, riau



Jawab
Bapak elyardi yang terhormat, memang benar bahwa sebelum jum'at malaikat mencatat orang-orang yang masuk ke masjid,kemudian ikut mendengarkan khutnah. Dalilnya adalah hadist berikut:

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا كان يوم الجمعة قعدت الملائكة على أبواب المسجد فيكتبون الناس من جاء من الناس على منازلهم فرجل قدم جزورا ورجل قدم بقرة ورجل قدم شاة ورجل قدم دجاجة ورجل قدم عصفورا ورجل قدم بيضة قال فإذا أذن المؤذن وجلس الإمام على المنبر طويت الصحف ودخلوا المسجد يستمعون الذكر

“Apabila hari Jumat datang, para malaikat duduk di depan pintu masjid-masjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai dengan waktu kedatangan mereka. Ada orang yang seperti berkurban unta, ada yang seperti berkurban sapi, ada yang seperti berkurban kambing, ada yang seperti berkurban ayam, ada yang seperti berkurban burung, dan ada yang seperti berkurban telur. Ketika muazin melakukan azan dan imam sudah duduk di mimbar maka buku catatan ditutup dan mereka masuk masjid, mendengarkan khotbah.” (H.r. Ahmad; sanadnya dinilaihasan oleh Syu’aib Al-Arnauth)

malaikat dalam bentuk aslinya tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang. Dikalangan umat islam, Hanya rasullah yang pernah melihat malaikat dalam bentuk aslinya. Adapun malaikat menampakkan diri dalam bentuk manusia,semua orang bisa melihat. Dalil dari Al qur'an dan Hadist menjelaskan bahwa malaikat berwujud manusia pernah mendatangi nabi Ibrahim , Nabi Luth, Maryam, juga Nabi Muhammad dan para sahabat saat Jibril akan mengajarkan tentang arti iman, islam dan ikhsan. Masih ada lagi kisah-kisah serupa yang lain.

Adapun Berita heboh tentang malaikat yang tertangkapp kamera di Masjid Nabawi , menurut Kepala Humas masjid Nabawi, Abdul Wahid Al haththab bahwa gambar itu hanya montasye (teknik Editan Film) belaka, tidak lebih dari itu(Surat Kabar Okaz edisi 4194)

Secara Logika bisa kit akatakan, Jika yang tampak adalah malaikat dalam wujud aslinya tentunya wujudnya tidak seperti itu, karena malaikat memiliki fisik yang sangat besar dan Jibril memiliki enam ratus sayap sehingga bisa menutupi ufuk timur. Jika dia malaikat yang tampak dalam wujud manusia maka penampakan ini menyelisihi penampakan penampakan yang dijelaskan dalam ayat dan hadist , dimana disebutkan bahwa penampilan para malaikat persis dengan penampilan manusia biasa, sehingga orang -orang yang menemui mereka tidak tahu bahwa mereka adalah malaikat,wallahu A'alam (Disarikan dari majalah As sunnah 12/XVI)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...