Friday, December 6, 2013

Apa itu hadist Qudsi???

KUPAS TUNTAS HADIST QUDSI


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: 
” قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنْ الشِّرْكِ؛ مَنْ عَمِلَ عَمَلًا أَشْرَكَ مَعِي غَيْرِي، تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ”. 
رواه مسلم (وكذلك ابن ماجه)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah  beliau berkata, Telah bersabda Rasulullah ﷺ, “Telah berfirman Allah tabaraka wa ta’ala (Yang Maha Suci dan Maha Luhur), Aku adalah Dzat Yang Maha Mandiri, Yang Paling tidak membutuhkan sekutu; Barang siapa beramal sebuah amal menyekutukan Aku dalam amalan itu1, maka Aku meninggalkannya dan sekutunya”. ~ Diriwayatkan oleh Muslim (dan begitu juga oleh Ibnu Majah)

  1. Adalah juga termasuk syirik jika seseorang beramal dengan amalan disamping ditujukan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala juga ditujukan kepada yang selain-Nya. 

DEFINISI HADITS QUDSI

 Definisi
Qusi menurut bahasa dinisbatkan pada “Qudus” yang artinya suci.Yaitu sebuah penisbatan yang menunjukkan adanya pengagungan dan pemuliaan, atau penyandaran kepada Dzat Allah Yang Maha Suci. Sedangkan Hadits Qudsi menurut istilah adalah apa yang disandarkan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dari perkataan-perkataan beliau kepada Allah ta’ala.

Penjelasan lebih jelasnya seputar hadist Qudsi bisa anda simak dalam rekaman berformat Mp3, di jelaskan oleh Ustadz Taufik Badri (lulusan Universitas islam madinah). Pembahasan merujuk pada kitab Qoul Mufid, Dikaji dengan Mudah, ringkas dengan bahasa yang mudah dipahami. Langsung saja download di link dibawah ini

Download Rekaman MP3

Kisi -kisi kajian:
1. Pembahasan pengertian hadist Qudsi
2. COntoh dan pembagian hadist Qudsi
3. Apakah hadist Qudsi lafal dan maknanya sama dengan firman Allah??
4. Pendapat dan dalil seputar hakikat Hadist Qudsi
5. Perbedaam Hadist Qudsi dengan Alqur'an

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...